Let’s Talk About Trends in 2016.
Banyak nanya ke gw soal…apa trend di 2016 nanti ? Ok mari kita cermati trend 2016…mumpung masih awal tahun walaupun udha Febuari. Di tahun ini akan banyak sekali bermunculan opsi untuk belanja melalui Online Store. Karena ada banyak multi device seperti gadget, dan waktu untuk mengexplore hal tersebut. Akan tetapi banyak pula hal-hal yang terjadi di tahun 2015 lalu, kembali di tahun ini bahkan lebih BOOMING !
Ok kita mulai :
#1 Search Engine atau sistem mencari produk akan lebih jauh bukan hanya ada di Google, Tetapi mulai membeli dan mencari di aplikasi Social Media seperti Facebook dan Twitter.
Seperti kita ketahui, Facebook mulai mendrive para usernya untuk menggunakan Facebook bukan hanya untuk berkomunikasi dan berinteraksi, tetapi lebih jauh daripada itu. Mereka “BELANJA” di facebook.Hal ini terlihat dengan peningkatan “Facebook ADS” dan database untuk “Facebook Business”
Selain itu juga, facebook telah menyediakan sistem “Facebook Message” yang sangat berguna sekali untuk para Seller untuk Menyapa pada Customer secara lansung.
#2 SNAPCHAT chat elo jadi lebih hidup !
Salahsatu Chat yang KEREEN ini emang belum trend di Indonesia. Tapi bakalan TREND BROOOO… Snapchat ini bukan hanya menggunakan chat pada umumnya tapi kita bisa membuat meme yang keren bro. Selain itu juga juga bisa gmabr apa sesuai yang kita mau… cool banget elo kudu coba bro !
SNAPCHAT bakalan beda daripada sebelumnya. Dan hebatnya SNAPCHAT cocok banget buat digital marketing, belum pernah coba ? silahkan cobain lansung ke https://www.snapchat.com/
#3 LIVE STREAMING video it’s gonna be HUGE
Diawali dengan Desember 2015 kemaren, dikagetkan dengan NetFlix mo masuk Indonesia, Bro ! Wah elo nga usah ke bioskop lagi buat nonton. Malah elo bisa nonton dimana aja elo mau, dan kapan saja. Video ini memang makin banyak yang suka bro. Mulai kita liat di Social Media seperti Facebook, Twitter….sekarang kalo nga pake Video, Nga Asyek banget deh. Cupu !
Video ternyata bisa jadi tool digital marketing paling powerfull bo ! Ohya gimana ?
MUDAH , sekarang banyak pake video streaming untuk iklan sebuah brand kemudian akhirnya menjadi iklan yang keren banget sedunia.
#4 Fitur baru Instagram 2016
Siapa nga tahu Instagram ? Semua tahu instagram ! tapi tahu apa yang baru di instagram ? tahun 2016 ini akan hadir Instagram Ads, bro. Sekarang udah saatnya merubah mindset elo sob. Kalo Instagram cuma buat selfie atau wefie saja…itu salah bro. Bisa buat jualan. Fitur kerennya elo bisa buat carousal ad dan menciptakan multi-page ads atau bikin video iklan 30 detik. WOW ! Kita bisa bikin animasi dan gambar yang buanyaaaaaakk bingits nih ! So how ?Untuk buat iklan di instagram elo bisa melakukan :
#5. PPC (Pay-Per-Click Marketing) akan makin heboh , merubah masa depan periklanan di AdWords
Nga semua ngerti apa itu PPC ? masih banyak yang nanya. spt apa itu PPC.silahkan intip dulu ini sob :
Tahun ini ada bakalan yang baru, Elo bisa men-target pengguna dengan
spesifik iklan atau berdasarkan nomer telp atau email mereka. Artinya
elo bisa menghadirkan iklan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan cara .
1. Strategi
Berbagai cara untuk mengakali 95 karakter
yang bisa digunakan di dalam membuat iklan PPC. Dalam 95 ini elo harus
mengkombinasikan dari segi bisnis, fitur, keuntungan dan perbedaan nilai
perusahaan.
Lihatlah bedanya kedua ini :
dari kedua contoh yang berbeda ini, sangat mempunyai artinya berbeda seusia dengan tujuannya dan memberikan value lebih.
2. VIDEO ADS
Iklan video mungkin sudah ada sejak lama, tapi saat ini Google lagi berupaya untuk meningkatkan iklan video mereka agar lebih baik daripada sebelumnya.
Masih ingat Nike dengan jam digital hebohnya ? Atau samsung ngeluarin jam digital, kemudian sekarang ada juga Apple Watch. Apple kerjasama dengan Nike membuat Healthkit. Trus apa yang kita bisa lakukan ? Kita bisa bikin apps yang sama ! Dewanstudio membuat apps bernama Sehat Jiwa hasil kerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dengan WHO.
Silahkan download di :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kemkes.sehatjiwa&hl=en
Program ini bisa digunakan secara gratis oleh masyarakat untuk mengetahui sengenai informasi kesehatan jiwa atau juga bisa melaporkan secara online, apabila ada kesehatan jiwa yang tidak bisa teratasi secara lansung, contoh ada pemasungan.
#7. Pinterest dengan animasi pin Watch out
Bro tau nga ? Brand (merk) besar seperti Gap, Nestle, LÓreal, Unilever telah mencoba fitur ini.dan terbilang sukses. How to ?ok kita bisa pelajari di :
#8. Social Media jadikan customer elo sebagai marketers untuk brand elo.
Misalnya temen elo sob, kasih tau nih ada produk bagus. Elo akan percaya nga ? Tentunya ya. Nah oleh karena itu brand seharusnya bicara bagaimana cara teman elo, kakak elo, abang elo, nenek elo, nyokap elo, bokap elo, paman elo, eyang elo semua bicarakan soal brand elo.So sekarang elo bisa gunakan social media, kaya facebook, twitter, youtube, path dsb untuk jualan brand elo. Dengan cara ini, paling tidak semua teman2x elo tahu apa kerjaan elo, elo suka apa dsb… dan setelah itu teman elo-lah jadi marketing buat usaha elo. Hal ini juga udah dilakukan sama perusahaan besar seperti Sony Lumia.
#9. Gunakan omni-channel experience
Omi-Channel adalah menggunakan target customers kita dengan message yang tepat, pada tempat yang tepat. Penggunaan browsing history dan related behaviours, erupakan satu langkah untuk mentreat customer kita menjadi marketing seperti dilakukan oleh Disney dimulai dengan membangun mobile responsive website, kemudian user mereka menggunakan booking tools dan My Disney Experience tool untuk membantu semua perjalanan mereka selama mengunjungi disney.Hal ini membantu para user yang datang ke Disney’s park, dan apps mereka membantu mencari hiburan yang sesuai yang keinginan mereka dan berapa lama mereka harus menunggu. Selain itu juga apps yang mereka gunakan sebagai kunci kamar mereka selama menginap di Disney’s Hotel, sebagai tools untuk memesan makanan dan menjadi storage ketika user mereka melakukan selvie.
Nah sekarang terlihat bagaimana sebuah digital marketing bisa berfungsi sebagai Omni-Channel bagi usernya.
#10. Content still the KIINGGGG, but….
Kita telah melakukan nulis blogs, e books, white papers adan konten lainnya. Trus mau ngapain lagi bro ? Gimana cara agar semua konten elo bisa kebaca oleh user elo ? Bagaimana triknya agar user elo datang dan masuk ke web elo kemudian mengisi form ?
REMARKETING !!
Remarketing nga beda jauh dengan Retargeting. Jawabnya berikan sesuatu pada user yang mengunjungi website elo, dan kemudian sangkutkan dengan konten yang dikunjungi oleh user elo menggunakan tools “tagging visitors”. Tangging visitor bisa menggunakan tools spt Google Analytics, Clicktale atau CrazyEgg.
ClickTale vs. CrazyEgg vs. Google Analytics | |||
CrazyEgg | ClickTale | Google Analytics | |
Men-track sifat pengunjung secara mudah | Hanya mengumpulkan data pengunjung yang ada | Ada Fitur video bisa mentrack sifat pengunjung | Susah mentrack |
Tampilan visual dari sifat pengunjung | Data ditampilakn dalam bentuk heatmaps, confetti, scroll maps dan overlay | Visual ditampilkan dalam bentuk heat maps untuk track clicks, eye movements dan mouse hover. | Mengumpulkan data secara visual dalam bentuk funnel visualization dan goal flow |
Men-track penampilan dari setiap halaman secara mudah | Dapat melalui overlay dan heatmaps | Dapat melalui heat maps dan analis menggunakan online forms | Susah mentrack |
Dapat men-track setiap kampanye marketing | Dapat dilihat dengan mengklik behavior dari sebuah traffic dari berbagai sistem pencarian dan sumber referensi | Dapat dilihat dengan mengklik behavior dari sebuah traffic dari berbagai sistem pencarian dan sumber referensi | Dapat dilihat dari visitor’s source, search term used, time on page, location, pages browsed, dan keyword. |
Jumlah data yang melintas | Sistem analisa hanya menyediakan beberapa cara untuk melihat klik dimana dan bagaimana visitor mengklik. | Sistem hanya menyediakan analisa data sangat sedikit. | Lebih mudah mengecek exit rate, bounce rate, new visitors, conversions, dsb. |
Detil mencari keyword | Hanya terbatas pada organic searches pada Google. | Hanya terbatas pada organic searches pada Google. | Menyediakan detil yang sangat terbatas tentang organic search dan lebih menganjurkan menggunakan kampanye dengan sistem Google Adwords. |
Harga | 30 hari Trial | Premium plan | Gratis |
See you…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar